Cara Meringankan Loading Blog

Meringankan loading blog memang impian para blogger untuk mencapai kesuksesan blognya , agar pengunjung betah tidak berlama-lama menunggu blognya selesai loading, merek tidak bosan untuk kembali lagi dan juga untuk mengincar SEO.

Banyak yang berusaha agar blognya menjadi ringan. Berbagai cara blogger lakukan untuk meringankan loading blog. Belum semua para blogger yang berhasil untuk memperingan loading blog. Bagaimana cara meringankan loading blog yang efektif?
Ini dia caranya...

1. Template Blog

Cara meringankan loading blog dari segi template atau tema blog :
a. Jangan Memilih template yang background blognya berlatar belakang gambar. Kenapa? Background disini pastinya diload sampai semua gambar dibuka. Disinilah letak beratnya blog.
Saran agar memperingan loading blognya :
- Kompres gambar background tersebut menjadi lebih ringan kapasitasnya dengan bantuan aplikasi foto di komputer anda
- Gantilah dengan background yang lebih ringan loadingnya.
- Jika dua cara tersebut gagal, terpaksa.... hapus deh backgroundnya. Jika jelek, ya sudah.. terpaksa kita ganti templatenya dengan yang tanpa background berlatar belakang gambar.

2. Header Blog
Cara meringankan loading blog dari widget blog :
a. Gantilah gambar header yang lebih ringan atau kita kompres tu gambar
b. Ganti gambar header dengan tulisan saja (pesan pembuka)

3. Widget Blog
Sekitar 70% elemen widget sangat mempengaruhi untuk memperingan loading blog.
Cara meringankan loading blog dari widget blog :
a. Pasang widget yang bergambar
Maksudnya apa? ya.. Carilah widget yang tidak memuat gambar yang terlalu berat untuk blog

b. Pasang java script yang berlebihan
Jangan memasang banyak java script di blog. Contoh java script adalah yang berakhir dengan (.js). Coba deh cek ada tidak file yang berbasis .js ?
saran agar memperingan loading blog :
- Gantilah file tersebut dengan file gambar yang ringan. kenapa? ternyata SEO suka yang berbasis file gambar, buka java script
- Gantilah dengan flash (biasanya berbasis .swf kalau gak salah). ini terbukti sedikit memperberat loading blog

c.Banyak counter yang berlebihan
Apa itu counter? adalah widget yang menampilkan berapa jumlah visitor, berapa orang yang online, atau dari mana saja para visitor berasal. ini sangat memperberat blog.
Tips meringankan loading blog hanya satu, yaitu hapus saja. sebenarnya itu tidak penting. Namun jika tetap ingin sekali, ya sudah... pasanglah satu saja.

d. Banyak iklan
Ini nih yang paling mempengaruhi dengan memperingan loading blog. Yaitu iklan.Memang iklan itu menguntungkan blog kita jika blog kita sudah banyak pengunjungnya bahkan yang jarang pengunjungnya (seperti blog saya). Namun apakah iklan tersebut perlu yang banyak bahkan bertumpuk-tumpuk bahkan juga sampai menutupi blog itu tidak berlebihan?
Tips memperingan loading blog :
- Pasang iklan yang sedikit
- Pasang iklan yang tidak bergambar
Gantikan saja yang berbentuk tulisan agar lebih meringankan loading blognya.

Untuk mengecek berat loading blog anda bisa dilihat disini..

15 Comments:

  1. Sip sob. Blogku juga ku minimalis. Kasian jg orang yg koneksinya lambat, mengakses blog yg berat.

    Salam.

    ReplyDelete
  2. thanx sob, mari kita dukung gerakan blog berloading ringan.. hehe

    ReplyDelete
  3. makasih y atas tipsnya
    salam kenal

    ReplyDelete
  4. thanks buat sharingnya sob.. salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. mantap gan....
    lait blog q dong lemot bgt
    http://www.fiqi22.co.cc

    ReplyDelete
  6. blog Q jg cukup ringan ...
    http://indriana90.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Nice info sob.! datang sekalian follow ah.! artikelnya keren-keren. jika berkenan follback sob yah?

    ReplyDelete
  8. All = Thanx sob...
    Follow back dh... :-)

    ReplyDelete
  9. maksih pencerahannya mas,... ditunggu info blogger lainya, :)

    ReplyDelete
  10. maakasih sarannya mas :D .. praktek langsunggg

    ReplyDelete
  11. Info yg menarik sob... ijin baca2 artikel lainnya ya. salam kenal

    ReplyDelete