Berbagi Informasi itu Menyenangkan

Bisnis Ala Rasulullah SAW: Modal Utama Bukanlah Uang

Apakah modal utama memulai usaha? Jika Anda menjawab uang, mungkin benar, tapi tidak dalam bisnis ala Rasulullah SAW. "Yang menjadi number one capital dalam bisnis ala Rasulullah adalah kepercayaan (trust) dan kompetensi," kata pakar ekonomi syariah, Syafii Antonio.

Menurutnya, dalam trust itu ada integritas dan kemampuan melaksanakan usaha. "Beliau membangun usaha dari kecil, dari sekadar menjadi pekerja, kemudian dipercaya menjadi supervisor, manajer, dan kemudian menjadi investor," ujarnya.

Perjalanan dari kuadran ke kuadran itu, katanya, menunjukkan bahwa Rasulullah adalah seorang entrepreneur yang memiliki strategi dalam mengembangkan usahanya dan karakteristik untuk mencapai sukses.

Sebagai pengusaha dan pemimpin, Rasulullah mempunyai sumber income yang sangat banyak. Namun Rasul sangat ringan tangan memberi bantuan. "Beliau sangat tidak sabar melihat ada umat yang menderita dan tidak ridha melihat kemiskinan di sekitarnya atau kelaparan di depan matanya," kata Syafii.

Itu sebabnya, kata Syafii, Rasulullah selalu berinfak dengan kecepatan yang luar biasa, yang digambarkan para sahabatnya sebagai "seperti hembusan angin". "Ia menyedekahkan begitu banyak hartanya dan mengambil sedikit saja untuk diri dan keluarganya," ujarnya.

Kepemimpinan dan manajemen ala Rasulullah ini akan dibedahnya dalam Eksiklopedia Leadership & Manajemen Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager. Dalam buku itu, Syafii merangkai dan menuangkan ketauladanan nabi Muhammad SAW dalam satu set ensiklopedia yang terdiri dari delapan buku.

Menurut Doktor Banking Micro Finance dari University of Melbourne itu, dalam diri Rasulullah banyak hikmah yang bisa dipetik mengangkut soal manajemen dan kepemimpinan. Sayangnya, sangat terbatas literatur yang menggali dimensi leadership dan manajemen dengan kaca mata analisa tematis dan modern. “Dalam arti dipandang dari sudut ilmu manajemen modern dan suasana modern,” kata pimpinan Tazkia Group itu.

Semoga menjadi motivasi untuk saya dan teman-teman yang membaca ini. Amin..
source: republika.co.id
logoblog

8 comments:

  1. Beliau memang segalanya di dunia ini..
    semoga saya termasuk golongan umatnya..
    amiin..

    ReplyDelete
  2. JUJUR bisa menghasilkan uang
    tapi uang tanpa kejujuran akan membawa kesengsaraan,
    blog wlkg

    ReplyDelete
  3. Patutlah kita mencontoh Beliau ...
    kepercayaan adalah hal yang utama dalam berbisnis ..

    ReplyDelete
  4. Go: benar sob, smoga sya juga termasuk golongan umatnya yg terbaik..

    Martos: Benar, Harus jujur walaupun sengsara..

    SyahidaComputer: Ya, beliau adalah suri tauladan umat., kita harus mencotohnya.. kepercayaan, keyakinan dan kompetensi sehat akan lebih membawa berkah..

    thanx smuanya.. :-)

    ReplyDelete
  5. Beliau adalah tauladan bagi semua kita umat muslim :)

    ReplyDelete
  6. nabi muhammad memang merupakan panutan dan teladan bagi umat.
    salam..

    ReplyDelete
  7. sichandra & foto : betul sob, ane setuju.. smoga kita menjadi umat yang terbaik beliau dengan mencontohnya dalam berbisnis.. :-)

    ReplyDelete
  8. memang modal utama sebuah usaha bukanlah materi, tapi immateri (ilmu). sudah terbukti bahwa ilmu yang lebih diutamakan, mencari ilmu dari sebuah usaha menjadi dasar utama. wallohu'alam

    ReplyDelete