Pola Makan Anti Diabetes

Diabetes tipe-2 adalah penyakit akibat gaya hidup. Komplikasi penyakit ini mendatangkan paket penyakit mematikan. Namun, penyakit ini sangat bisa dicegah, salah satunya melalui pola makan.

1. Makan porsi kecil
Cara makan seperti ini mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Pelajari jumlah sajian yang disarankan oleh ahli gizi untuk setiap makanan.

2. Kurangi lemak
Hindari makanan berlemak tinggi dan gunakan lebih sedikit minyak saat menggoreng atau menumis. Kalau bisa, pakai minyak goreng yang sehat. Jangan pakai minyak untuk menggoreng berkali-kali.

3. Batasi sumber lemak jenuh/lemak trans Makanan sumber lemak jenuh misalnya daging berlemak, gorengan, susu full cream, cakes, permen, biskuit, kue kering, margarin, dan masih banyak lagi. Pilih salad dressing yang lebih sehat seperti minyak zaitun.

4. Perbanyak serat
Sumber serat bisa ditemukan dalam sereal yang terbuat dari 100 persen gandum, oatmeal, nasi merah, roti gandum.

5. Perbanyak sayur dan buah segar
Makanlah beragam sayur dan buah setiap hari. Pilih buah dan sayur yang segar. Buatlah jus dari 100 persen buah segar. Jangan ditambah gula karena buah sudah cukup manis. Makanlah sayuran berdaun gelap seperti brokoli dan bayam, sayuran warna oranye seperti wortel, ubi, waluh, serta kacang-kacangan.

6. Batasi yang manis
Kalau bisa, hindari minuman beraroma buah, soda, teh, dan kopi yang sangat manis. Gula di dalam minuman itu sangat tinggi. Ini yang bikin perut jadi buncit.

7. Kurangi garam
Gunakan lebih sedikit garam saat memasak. Kalau bisa jangan tambahkan garam lagi saat di meja makan. Hindari sumber-sumber garam tersembunyi, seperti acar, daging olahan, sayur kalengan.
sumber

0 Comments:

Post a Comment