Tips Meningkatkan Konsentrasi Belajar

Sebagian orang ada yang dapat berkonsentrasi dalam waktu yang cukup lama, tetapi ada juga yang tidak. Sekalipun begitu, kita pasti bisa memusatkan pikiran pada sesuatu yang benar-benar kita minat.Kita juga bisa meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi bila kita sungguh-sungguh berusaha untuk berkonsentrasi bila sungguh-sungguh berusaha untuk itu. Misalnya, jika kita berada di tengah keramaian, kita bisa tetap mendengar cerita lawan bicara kita atau teman kita.

Hal itu terjadi karena kita memiliki keinginan untuk mendengarnya.Oleh karena itu, usaha yang kita lakukan akan direspon oleh otak. Secara otomatis, otak akan mengarahkan perhatian pada suara lawan bicara kita tersebut.


1. Bismillah, niatlah untuk sungguh-sungguh belajar

2. Berusahalah membuat ruang belajar sebagai tempat khusus untuk belajar,tidak ada keributan atau pengalih perhatian


3. Mulailah dengan sesi belajar yang pendek saja.
Tambah waktu belajar lima atau sepuluh menit setiap hari hingga target itu tercapai.

4. Buatlah target kecil dan beri selamat pada diri sendiri ketika hingga target itu tercapai

5. Berusahalah sekuat-kuatnya untuk tertarik dengan apa yang di pelajari! Kalau mata pelajaran itu membuat bosan,cari teman yang menyukainya dan tanyakan alasannya! Baca artikel majalah, tonton video tentang topik tersebut, atau surfing di internet untuk mencari bahan tambahan tentang pokok bahasan tersebut, Datanglah ke sekolah dengan bekal pertanyaan untuk diajukan pada pengajar


6. Kalau kita mulai lelah atau melamun,berhentilah. Beri waktu yang cukup untuk diri beristirahat. Beridiri, regangkan badan, lompat-lompat,kunyah makanan,cemilan atau permen, atau tidur sianglah sebentar jika kita betul-betul membutuhkannya.

7. Tetaplah aktif! Buat catatan, garis bawahi, tuliskan pertanyaan, warnai, gambar diagram, baca keras-keras, dan uji diri sendiri dengan beberapa pertanyaan yang terkait dengan apa yang kita baca.

1 Comments:

  1. keren... aku coba ya tipsnya...

    ReplyDelete