Software Astronomi

DEFINISI ASTRONOMI
Secara bahasa, astronomi berarti "ilmu bintang". Sementara definisi umum astronomi adalah ilmu yang melibatkan pengamatan dan penjelasan kejadian yang terjadi di luar Bumi dan atmosfernya. Ilmu ini mempelajari asal-usul, evolusi, sifat fisik dan kimiawi benda-benda yang bisa dilihat di langit (dan di luar Bumi), juga proses yang melibatkan mereka.

Manfaat ilmu astronomi
1. Manusia jadi mengetahui pergerakan, penyebaran, dan karakteristik benda-benda langit.
2. Manusia dapat menentukan waktu dengan berpatokan pada matahari atau bulan.
3. Membantu manusia untuk menentukan arah mata angin.
4. Petunjuk fenomena alam (kejadian-kejadian alam) di bumi.
5. Prediksi cuaca. Dalam kehidupan sehari-hari mempelajari astronomi dapat berguna untuk
memprediksikan cuaca. Penerbangan dan pelayaran, misalnya. Harus dilaksanakan dalam
cuaca yang mendukung
6. Ramalan. Rasi bintang dan pergerakannya dapat diterjemahkan oleh ahli nujum dalam bentuk perkiraan-perkiraan yang tidak eksak.

Dengan manfaat dari ilmu astronomi tersebut, kita mengetahui alam semesta menyimpan jutaan rahasia yang bisa melampaui batas pikiran manusia. Tidak hanya mahasiswa atau pelajar yang tertarik untuk mengenal angkasa luar, masyarakat umum pun masih sangat tertarik tentang hal ini. Siapa yang bisa menebak ada apa saja diluar sana? Jalan-jalan ke luar angkasa? Itu sebagai mimpi bagi orang seperti kita. Kecuali seorang astronot, mungkin bisa jalan-jalan ke luar angkasa sana.

Jangan berkecil hati, kita masih bisa mengetahui ada apa diluar sana, bagaimana sistem tata surya kita dan tata letak planet-planet serta bintang di angkasa melalui penerapan software di bidang astronomi. Berikut adalah software (aplikasi) yang bisa memandu kita atau memvisualisasikan angkasa luar yang ditampilkan di layar monitor untuk mempelajari objek objek benda langit serta simulasi pergerakan planet planet serta galaksi secara real time.

1. Google Earth
Google Earth merupakan aplikasi yang paling populer dari semua aplikasi astronomi yang di review kali ini. Terkenal dengan tampilan bumi beserta isinya yang cukup akurat, namun juga menyertakan ‘denah’ angkasa luar secara virtual. Pada versi terbaru ini disertakan fitur eksplorasi lautan yang cukup detail.

Untuk menggunakan aplikasi ini maka PC atau notebook anda harus terkoneksi dengan internet dan pastikan koneksi intenet anda minimal mempunyai speed 128 kbps atau broadband internet. Jika tidak maka gambar akan terputus dan tersendat sendat.

Situs web: http://earth.google.com/
Lisensi:
Freeware, File size : 9.9 Mb

2. Asynx Planetarium v2.50
Asynx Planetarium merupakan aplikasi ringan namun sangat membantu dalam hal mempelajari ilmu perbintangan serta tata surya. Dengan sistem virtual yang ada, Anda bisa melihat siklus perputaran sistem tata surya serta pergerakan yang terjadi. Hal ini juga membantu untuk memprediksi cuaca yang akan datang.
website : www.asynx-planetarium.com
Lisensi: Freeware, File size : 4.33 Mb.

3. Celestia 1.5.1
Dengan Celestia, Anda bisa menjelajah tata surya secara virtual mulai dari mengelilingi angkasa, mengamati jajaran planet dari stasiun angkasa luar hingga menginjakkan kaki di sejumlah planet. Aplikasi bertampilan 3D yang lumayan wah ini memang memperlakukan dirinya sebagai pesawat ruang angkasa dengan aneka fitur pengamatan yang lengkap.
website : www.shatters.net/celestia
Lisensi: Freeware File size : 22.6 Mb.

4. CNebulax 1.7.5
CNebulax bisa dibilang aplikasi yang sangat cocok bagi para peminat astronomi yang sangat serius mendalami ilmu perbintangan. Jangan dulu putus asa melihat tampilannya yang rumit, karena terdapat panduan cepat mengenai penggunaannya diawal aplikasi. Untuk astronom pemula, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk memantau pergerakan obyek langit yang umum seperti planet dan bulan, sekaligus menggali informasi detil mengenai setiap obyek.

cnebulax screenshoot
website : http://www.uv.es/jrtorres/CNebulaX.htm
Lisensi: Freeware File size : 45.8 Mb.

5. CyberSky 4.04
Tampilannya memang sederhana berdimensi 2D namun penjelasan serta informasi yang ada cukup lengkap dan detil. Anda bisa mencari nama bintang ataupun planet pada menu search dan secara otomatis, aplikasi ini akan mencarinya bahkan hingga diluar galaksi kita.
Situs web: http://www.cybersky.com/index.htm
Lisensi : Shareware 30 hari (US$ 32,95)

6. Hallo Northern Sky
Jangan remehkan tampilannya yang sederhana. Lihat fitur dan fasilitasnya lebih dalam lagi, maka Anda bisa mengobservasi langit lebih leluasa. Sekilas tampilan ini mirip radar atau semacam grafik berisi titik-titik.
Secara default, obyek-obyek langit yang tampil tidak ditampilkan secara detil dan 3 dimensi. Namun jika Anda mengetik tombol Ctrl+F maka beberapa obyek langit ditampilkan sesuai aslinya dengan tekstur pelengkap.
Situs web: www.hnsky.org
Lisensi: Freeware, file size : 39.6 Mb.

7. Microsoft WorldWide Telescope
Sesuai namanya, aplikasi besutan Microsoft ini merupakan aplikasi virtual teleskop dalam memantau seluruh jajaran tata surya dengan tampilan yang cukup detil. eperti Google arth, aplikasi ini membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi untuk menjalankannya pada PC atau notebook anda.
Situs web: www.microsoft.com
Lisensi: Freeware, Filesize : 27.5 Mb.

8. NASA World Wind
Salah satu proyek edukasi yang diluncukan NASA dalam memberikan gambaran tata surya dengan isinya. Hasil gambar yang didapat ditangkap menggunakan satelit Landsat 7 yang memungkinkan gambar yang ada tampil dalam mode 3D. Tampilan landscape bumi sendiri mengingatkan akan Google Earth dengan detil yang jelas.
Situs web: http://worldwind.arc.nasa.gov
Lisensi: Freeware, Filesize : 15.9 Mb

9. SkyAtlas
Sky Atlas merupakan aplikasi astronomi paling sederhana. Sesuai namanya, versi gratis-nya hanya menapilkan ‘denah’ dari sistem tata surya. Selain itu kita bisa memprediksikan apa yang akan terjadi beberapa saat kedepan, sehingga berguna untuk mempredisksi cuaca dan lainnya.
Situs web:
http://pyxiscamera.htohananet.com/SkyAtlas/index.html
Lisensi : Freeware, File size : 18.5 Mb.

10. Solar System 3D Simulator
Solar system 3D simulator cocok untuk menjadi panduan bagi para pelajar. Dengannya Anda bisa dapat mempelajari bagaimana sistem kerja tata surya khususnya untuk galaksi bima sakti. Seperti namanya, aplikasi ini memang hanya sebagai simulasi saja, bagaimana planet mengorbit dan matahari sebagai pusat orbit.
Situs web: http://www.sciencefair-projects.org/
Lisensi: Freeware, File size : 5 Mb.

11. Stellarium
Tampilan aplikasi Stellarium ini sangat indah. Saat pertama kali menjalankannya, Anda seakan-akan berada ditengah padang rumput dimana langitnya ditaburi bintang, persis sepeti saat duduk ditengah ruang planetarium.
Jadikan layar monitor anda planetarium pribadi di kamar anda dengan menggunakan aplikasi ini.
Situs web: www.stellarium.org
Lisensi: Freeware, File size : 39.7 Mb

12. Winstars
Bagaimana bila rupa aplikasi Celestia dan Stellarium digabung menjadi satu? Winstars 2.0 lah jawabannya. Disebut gabungan karena Winstar memiliki modus tampilan tata surya (seperti Celestia) dan juga tampilan planetarium seperti Stellarium. Jadi jika hendak menjelajahi ruang angkasa gunakan modus solar system dibawah menu Observation Mode. Sedangkan jika hanya ingin memandang langit gunakan Planetarium mode.
Situs web: www.winstars.net
Lisensi: Shareware (US$ 16,5)
Filesize : 28.5 Mb.

KESIMPULAN
Dengan menggunakan penerapan software di bidang astronomi lebih memudahkan kita untuk menjelajahi tata surya tanpa harus menjalajahi langsung ke luar angkasa seperti para astronot, dengan teknologi yang semakin canggih bagi penggemar astronomi atau astronomer yang gemar melihat pemandangan objek langit pada malam hari, pasti ada keinginan untuk memiliki teleskop atau binocular untuk mengamati objek-objek langit agar terlihat jelas di mata namun sekarang alat-alat itu bisa digantikan hanya dengan memiliki software astronomi yang dapat dipasang pada PC. Dengan menggunakan bahasa pemrograman yang sangat canggih tentunya menghasilkan software-software yang sangat canggih pula yang dapat di manfaatkan dalam berbagai bidang untuk mempermudah kita dalam berbagai macam aspek kehidupan.

0 Comments:

Post a Comment