Google Webmasters Tools

Google webmasters tool adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Google sebagai salah satu mesin pencari / serch engine yang dominan di dunia. Untuk memperoleh akses ke layanan ini kita harus terlebih dahulu mempunyai akun di Google misal akun Gmail (sekarang pake yahoo/ymail juga bisa).

Disini kita dapat mendaftarkan atau mengklaim satu atau beberapa situs / blog milik kita atau yang kita kelola. Namun untuk pembuktian bahwa kita adalah seorang pemilik situs/blog tersebut terlebih dahulu kita harus memverifikasi situs/blog tersebut dengan metode verifikasi yang sudah ditentukan oleh Google. Disini terdapat duam macam cara memverifikasi sebuah situs /blog yaitu :

  • Verifikasi Meta Tag
    yaitu metode verifikasi dimana kita harus menyisipkan script meta tag yag sudah diberikan Google ke dalam script situs/blog kita.
  • Versi HTML
    yaitu metode verifikasi dimana kita harus membuat sebuah halaman HTML tertentu yang judul/title nya sudah diitentukan oleh Google

Setelah salah satu cara tersebut diatas kita lakukan maka kepemilikan resmi sebuah situs/blog kita akan diakui oleh google, dan kita akan memperoleh beberapa fasilitas yang berguna untuk memantau SEO situs/blog kita. Beberapa fasilitas yang dimaksud antara lain:

  • Submit sitemap
    yaitu mengirim peta situs kita agar halaman-halaman situs/blog kita dapat terindex secara optimal oleh Google
  • Query penelusuran
    mengetahui dari kata kunci apa saja orang mengakses situs kita dari pancarian google
  • Backlink
    mengetahui jumlah dan situs/blog yang memberi backink ke situs kita
  • Menghapus URL lama yag sudah kadaluarsa

dan masih terdapat beberapa fasilitas lainnya.

Jika anda punya blog/situs dan belum terdaftar di google webmasters tool segera daftarkan situs/blog anda agar dapat anda pantau SEO situs atau blog tersebut.
Klik disini untuk menuju Google Webmasters Tool


Demikian Artikel tentang Google Webmasters Tool semoga bermanfaat.

0 Comments:

Post a Comment