Keajaiban Sholat Subuh

Pagi hari adalah sebuah masa dimana harapan dan cita-cita dari perjuangan seorang manusia dimulai. Nafas awal menjadi pertanda dimulainya kehidupan baru yang sistematis dan teratur diorganisasi oleh Zat yang maha kuasa, Allah SWT.


Shalat yang pelaksanaannya memerlukan perjuangan dan kegigihan hati. Waktu Shubuh adalah waktu yang berat untuk melaksanakan ibadah sebuah fase setelah istirahan semalaman sehingga perlu kekuatan lebih untuk melaksanakannya. Beratnya melaksanakan Shalatshubuh tercermin dalam sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ahmad yang berbunyi ” Shalatterberat bagi orang-orang munafik adalah ShalatIsya dan Subuh. Padahal seandainya mereka mengetahui pahala pada kedua Shalattersebut tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak ”.

Terdapat beberapa keutamaan Shalat Shubuh, diantaranya adalah :

1. Faktor dilapangkannya rizki
Dalam QS. AT-Thalaq : 2-3 ” barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberikannya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.”

2. Menjaga diri seorang muslim
Imam Muslim meriwayatkan dalam shohihnya, dengan sanadnya sendiri, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda ” Barangsiapa melaksanakan Shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminanNya kepada kalian dengan sebab apapun. Karena barang siapa yang Allah cabut jaminanNya darinya dengan sebab apapun pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam ”

3. Sama dengan Shalatmalam semalam suntuk
Rasulullah SAW bersabda bahwa ” Barang siapa yang melaksanakan Shalat Isya secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam separuh malam. Dan barang siapa yang melaksanakan Shalat Shubuh secara berjamaah maka ia seperti Shalat malam satu malam penuh.”

4. Tolak Ukur Keimanan
Nabi bersabda, ” Batas antara kita dengan orang munafik adalah menghadiri Shalat Isya dan Shubuh sebab orang-orang munafik tidak sanggup menghadiri kedua Shalattersebut.”

5. Penyelamat dari neraka
Muslim meriwayatkan dalam shahihnya, demikian juga Imam Ahmad dalam Musnadnya, bahwasanya rasulullah SAW bersabda : ” Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan Shalat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamya.”

6. Salah satu penyebab seseorang masuk surga
Bukhori mengeluarkan dalam Shohihnya dengan sanadnya bahwa Rasulullah SAW bersabda ” Siapa yang melaksanakan Shalat dua Shalat bardain, ia masuk surga.”

7. Mendatangkan nikmat berupa melihat wajah Allah Yang Maha Mulia.
Raulullah SAW bersabda ” Sesunguhnya kalian nanti akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini atau kalian tidak akan kesusahan untuk melihatNya. jika kalian sanggup untuk tidak meninggalkan Shalatsebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya maka lakukanlah. ” kemudian beliau membaca ayat ini Dan bertasbihlah dengan memuji Rabb Mu sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya. ( QS. Thaha : 30 )

8. Sebagai suatu Syahdah khususnya bagi yang konsisten memeliharanya
Rasulullah SAW bersabda ” Malaikat-malaikat siang bergantian mendampingi kalian dengan malaikat- malaikat malam, dan mereka berkumpul pada waktu Shalat Shubuh dan Ashar. setelah itu malaikat yang semalaman menjaga kalian naik ke langit lalu Allah bertanya kepada mereka-dan dia lebih tau tentang mereka-Bagaimana kalian tinggalkan hamba-hambaku? mereka menjawab ”kami meningalkan mereka dalam keadaan Shalat dan kami datang kepada mereka ketika mereka shalat.”

9. Kunci kemenangan
Bukhori meriwayatkan dengan sanadnya bahwa apabila Rasulullah SAW hendak menyerbu suatu kaum beliau menundanya hingga tiba waktu subuh, Jika belia tidak memerangi di pagi hari beliau tunggu hingga matahari tergelincir dari tengah-tengah.

10. Lebih baik dari dunia dan seisinya
Imam Muslim Ahmad dan yang lain meriwayatkan bahwasanya rasulullah SAW bersabda ” Dua rokaat Shalat subuh, lebih baik daripada dunia dan seisinya.”


Kiat Praktis menjaga Shalat Shubuh :
1. Tidur lebih awal
2. Niat yang tulus dan tekad yang kuat ketika akan tidur
3. Bersungguh-sungguh dalam bersuci dan Berzikir sebelum tidur
4. Berzikir kepada Allah, seketika itu juga setelah terbangun dari tidur.
5. Meminta bantuan keluarga dan orng-orang shalih agar membantunya untuk Bangun dan shalat.
6. Menggunakan alat bantu seperti alarm dan jam beker.
7. Tidak terlalu banyak makan sebelum tidur.
8. Tidur Qoilullah di siang hari.
9. Jangan tidur sendirian.
10. Memercikan air di wajah orang yang tidur.
11. Menyalakan penerang dan lampu-lampu listrik.
12. Tekad kuat untuk bangun.
13. Jangan sampai salah mempraktekan sunnah berbaring
14. Membantu diri dengan berbuat taat kepada Allah SWT di siang hari.

2 Comments:

  1. Subhaanallah... shalat shubuh memang luar biasa. Ada tipsnya pula. Semoga kita dimudahkan Allah untuk menunaikannya secara berjamaah

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  2. Wah... makasih tipsnya kawan, bisa bangun pagi tuk sholat shubuh nich

    ReplyDelete