Konsep Dasar Sistem Informasi

Konsep Dasar Sistem

Sistem berasal dari bahasa yunani yaitu “Systema” yang mempunyai pengertian suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian. Yang jika didefinisikan adalah sebagai berikut :

“Sistem adalah kumpulan komponen/ elemen/ entity yang berinteraksi satu dengan yang lainnya dalam rangka mencapai tujuan tertentu dan terjadi dalam lingkungan yang kompleks”. (dalam Asmungi, Simulasi Komputer system diskrit).

Pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya mendefinisikan sistem sebagai berikut ini:

“Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”. (dalam Jogianto Hartono, Analisis&Desain)

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama dan berkaitan membentuk suatu kesatuan. Ada beberapa hal yang mendukung dan berkaitan dengan sistem yaitu:

Komponen Sistem (Component Sistem)

Sistem dari sejumlah komponen yang saling berhubungan atau berinteraksi dan bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem.

Batasan Sistem (Boundary Sistem)

Merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya.Batasan suatu sistem menunjukan ruang lingkupnya (scope) dari sistem tersebut.

Lingkungan Luar (Environment System)

Merupakan sesuatu apapun yang ada diluar batas sistem yang mempengaruhi sistem tersebut.

Penghubung Sistem (Interface)

Penghubung merupakan media perantara antar subsistem. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya. Output dari satu subsistem akan menjadi input untuk subsistem yang lainnya dengan melalui penghubung.

Memasukan Sistem (Input System)

Memasukan sistem adalah energi yang dimasukan kedalam sistem. Masukan dapat berupa perawatan (maintenance input) atau sinyal masukan (signal maintenance). Maintenance input adalah energi yang dimasukan supaya sistem terserbut dapat beroprasi. Sinyal masukan adalah energi yang diproses untuk mendapatkan keluaran.

Keluaran sistem (Output System)

Adalah hasil energi yang diolah dan diklarifikasikan menjadi laporan yang berguna dari sisa pembuangan. Keluaran dapat berupa masukan untuk subsistem yang lain atau kepada supra sistem

Pengolahan Sistem (Process System)

Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah atau sistem itu sendiri sebagai pengolahnya.

Sasaran Sistem (Objective Sistem)

Suatu sistem harus mempunyai tujuan atau sasaran, kalau suatu sistem tidak mempunyai sasaran maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dapat dikatakan berhasil jika mengenai sasaran dan tujuanya.

Konsep Dasar Informasi

Definisi Informasi menurut Robert N Anthony, John Dearden, adalah sebagai berikut:

“Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya”. (dalam Jogiyanto.HM, Analisis & Disain).

Dari uraian tersebut, maka yang menjadi sumber informai adalah data yang merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan kesatuan nyata yang mewakilili suatu objek yang didapat dalam bentuk angka, simbol, gambar, bunyi, atau yang lainnya. Sedangkan kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu. Kesatuan nyata (fact and entity) adalah suatu obyek nyata seperti tempat, benda dan orang-orang yang benar-benar ada dan terjadi.

Kualitas informasi (Quality of information) sangat dipengaruhi atau ditentukan oleh 3 hal pokok, yaitu relevansi, akurasi, tepat wakru.

Relevansi (Relevancy)

Informasi dikatakan berkualitas jika relevan bagi pemakainya dan informasi akan relevan jika memberikan manfaat bagi pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya informasi mengenai hasil studi mahasiswa kurang relevan jika ditunjukan pada staf bidang kurikulum, tetapi akan sangat relevan jika disampaikan pada mahasiswa dan dosen.

Akurasi (Accuracy)

Sebuah informasi dikatakan akurat jika informasi tidak menyesatkan, bebas dari kesalahan-kesalahan dan harus jelas mencerminkan maksudnya atau tidak bermakna ganda. Tidak akuratnya informasi disebabkan karena sumber informasi atau data mengalami gangguan atau kesengajaan sehingga merusak atau merubah data-data asli tersebut. Informasi yang akurat berarti:

Informasi yang lengkap (completness) atau kelengkapan, berarti bahwa informasi yang dihasilkan terdiri dari satu kesatuan informasi yang menyeluruh dan mencangkup berbagai hal yang terkait didalamnya.

Kebenaran (correctness) informasi, berarti informasi yang dihasilkan oleh proses pengolahan data, haruslah benar sesuai dengan perhitungan- perhitungan yang ada dalam proses tersebut.

Keamanan (security) informasi, yang berarti hak akses diberikan pada yang berkepentingan saja sesuai dengan sifat dan tujuan dari informasi tersebut.

Ketepatan waktu (timeliness)

Informasi yang keluar dari proses pengolahan data, datangnya tidak boleh terlambat. Karena informasi yang datangnya terlambat tidak akan mempunyai nilai yang baik, sehingga akan menimbulkan kesalahan bagi yang memerlukan informasi tersebut dalam pengambilan keputusan dan tindakan yang akan diambil. Selain itu ada beberapa komponen lagi yang ikut menentukan kualitas dari informasi, yaitu: ekonomis (economy), efisien (eficiet), dapat dipercaya (reability).

Sistem Informasi

Dari beberapa keterangan diatas dapat diambil pengertian bahwa sistem informasi adalah kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditunjukan untuk mendapatkan jalur komunikasi yang penting. Sedangkan Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis mendefinisikan sistem informasi sebagai berikut:

“ Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam uatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan trnasaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan- laporan yang diperlukan”. (dalam Jogianto.HM, Analisis & Desain).

John Burch dan Gary Grudnitski mengemukakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebut dengan istilah blok bangunan (building block) yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai suatu sasaran, yaitu :

Blok masukan

Inputan mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi, inpur disini termasuk metode-metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen-dokumen dasar.

Blok Model

Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika dan model matematika yang akan memanipulasi data input dan data yang akan tersimpan dibasis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diiinginkan.

Blok Keluaran

Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk tingkatan semua manajemen serta pemakai semua sistem.

Blok Teknologi

Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari bagian utama yaitu: teknisi (brainware), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware).

Blok Basis Data

Basis data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supayan informasi yang dihasilkan berkualitas.

Organisasi basis data diakses atau dimanipulasi deengan menggunakan perangkat lunask paket yang disebut dengan DBMS (Database Management System).

Blok Kendali

Banyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti misalnya bencana alam, api, air, debu dll. Maka pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk menyakini bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahan dapat langsung cepat diatasi.

Tugas Akhir Manajemen Informatika Amik Purnama Niaga Indramayu Amik Purnama Niaga Indramayu Amik Purnama Niaga Kota Indramayu Kampus Terbaik Di Indramayu Amik Indramayu TA Amik Purnam

0 Comments:

Post a Comment