World Wide Web

Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melalui Web Browser seperti Netscape Navigator atau Internet Explorer.

Web menjadi pusat kegiatan internet karena Web Pages yang berisi text dan grafik mudah diakses melalui Web Browser, Web menyediakan interface bagi jaringan informasi online terbesar di dunia, dan jumlah informasi ini terus bertambah dengan pesat.

Web juga menjadi sistem pengiriman multimedia, karena fitur browser dan browser plug-in extension yang terus bermunculan menyediakan peluang untuk suara, gambar, telepon, animasi 3D dan videoconferencing melalui Net.

Browser terbaru juga mengerti bahasa Java yang memungkinkan down load semua aplikasi untuk di-run secara lokal. Dasar format Web adalah dokumen text yang digabung dengan HTML yang bisa mengatur format page serta Hypertext Link (URL) ke page lain. Kode HTML yang umum adalah karakter alfanumerik yang dapat diketik dengan text editor atau world processor. Banyak program terbitan Web yang menyertakan interfage grafis untuk kreasi Web Page dan membuat kode dengan otomatis.

Banyak word processor dan program-program yang mengalihkan dokumen ke format HTML. Oleh karena itu Web Pages dapat dibuat oleh user tanpa harus mempelajari sistem pengkodean. Kemudahan kreasi membantu cepatnya pertumbuhan Web. World Wide Web dirancang oleh tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN di Jenewa Swiss tahun 1991.

World Wide Web atau sering disingkat WWW bukanlah internet namun sangat berkaitan dengan internet. WWW sendiri bukan sekedar jaringan seperti internet tetapi didalamya terdapat set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Protokol yang digunakan adalah TCP/IP
- Terdapat pada internet host dan client
- Mengenal tag-tag HTML
- Mampu merelasikan dua arah
- Pengguna dapat mengakses informasi text, gambar dan suara.
- Model alamat URL (Uniform Resource Locators)
- Pengguna dapat juga mengakses server dengan proticol HTTP, FTP, Telnet dan sebagainya.

Untuk menampilkan informasi WWW maka diciptakan web browser seperti Internet Explorer, Opera, MyIE, Netscape Navigator dan lain-lain. Browser pertama kali sendiri dinamai Mosaic. Namun seiring berkembangnya internet mulailah muncul produk-produk yang menawarkan fasilitas yang lebih baik.
Amik Indramayu, Tugas Akhir Manajemen Informatika, Amik Purnama Niaga Indramayu, Kota Indramayu, Kampus di Idramayu

0 Comments:

Post a Comment