Manfaat Buah Kersem

Kersen / talok / ceri (orang Indramayu menyebutnya kersem) atau dalam bahasa latin muntingia calabura yang sering dimakan anak-anak ternyata berkhasiat untuk obat. Pohon kecil ini awalnya tumbuh semai liar ditepi jalan, dihalaman rumah kita atau bahkan ditengah retakan tembok lantai atau pagar. Tumbuh dengan cepat membesar sebagai pohon naungan/adem-adem. Walau banyak dipakai hanya sebagai tanaman peneduh, sebenarnya tanaman ini mempunyai manfaat kesehatan yang sangat berguna.

Kersem berasal dari Amerika tropis (Meksiko Selatan, Karibia, Amerika Tengah sampai Peru dan Bolivia). Dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad-19 dan lalu dengan cepat menyebar diseluruh wilayah tropis Asia Tenggara.

Jus buah kersem, bahkan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang seberagam apapun minuman isotonik yang telah menyebar dipasaran, kandungannya tak sebaik jus buah kersem. Jus kersem dikatakan memiliki kandungan yang lebih dibutuhkan seorang atlet, yaitu untuk mencegah cendera otot saat beraktivitas.

Beberapa kandungan yang dipunyai buah kersem adalah setiap 100 gram bagian buah yang dapat dimakan kira2 mengandung ; air(77,8 gram), Protein(0,324 gram), Lemak (1,56 gram), Karbohidrat (17,9 gram), Serat (4,6 gram), Abu (1,14 gram), Lalsium(124,6 gram), Fosfor (84 gram), Besi (1,18 gram), Karoten (0,019 gram), Thianin (0,065 gram), Fiboflavin( 0,019 gram), Vitamin C (80,5 mg) nilai energinya 380 kJ/100 gram.

Di Indonesia, banyak masyarakat menggunakan buah ini secara tradisional untuk mengobati penyakit asam urat. Biasanya apabila serangan datang, mereka mengonsumsi buah kersem 9 butir, tiga kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Sedangkan untuk daun kersem secara tradisional telah lama digunakan di Peru dengan pemakaian seperti mengonsumsi teh (dibuat seduhan atau rebusan) untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala dan juga antiradang.

DATA ILMIAH KERSEM

1.ANTISEPTIK --> Rebusan daun kersem ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun kersem terbukti dapat membunuh bakteri C.diptheriae,S.aureus,P.vulgaris,S.epidemidis, dan K.rhizophil .Diduga aktivitas bakteri dari daun kersem ini karena adanya kandungan seperti tanin,flavonoids dan saponin yang dipunyainya.

2.ANTIINFLAMASI --> Rebusan daun kersen juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.

3.ANTITUMOR --> Daun kersem dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun kersem ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara laboratoris.

Jadi, mulai sekarang ayo jangan malu untuk berburu kersem... hehe

12 Comments:

  1. waaaaaah,,,tak diduga ya,,sangat berkhasiat,,maksih infonya sob :) ,,,happy blogging ^^

    ReplyDelete
  2. Wuhhh..

    ngak nyangka buah itu ada khasitnya yah !!

    ReplyDelete
  3. Artikel ini memberikan cahaya di mana kita dapat mengamati realitas. Hal ini sangat bagus dan memberikan informasi yang mendalam.terima kasih atas artikel ini bagus.

    ReplyDelete
  4. makasih infonya ...
    ternyata sangat bermanfaat ...

    ReplyDelete
  5. mkash bnyk infonya,ga nyangka yah kuah tu bny bgt khasiatnya

    ReplyDelete
  6. mkash infonya,ternyata sngat bermanfaat bUAH itu..

    ReplyDelete
  7. daun nya itu kering atau yang segar?

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, selain herbal yang disebutkan di artikel ini, ada jg daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Apalagi jika daun insulin (daun yakon) dikombinasi dengan herbal sambiloto dan meniran, semua dalam satu kapsul jadi kapsul yakon plus...

    untuk info jelasnya... Klik aja >>

    http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus/

    Atau langsung pesan ke Ryan 0813-80-262524 (SMS/WhatsApp/Telegram/Line

    ReplyDelete