Pria Kurus Rentan Bunuh Diri

Keinginan bunuh diri memang bisa muncul pada siapa saja, terutama mereka yang mengalami depresi. Namun dalam sebuah studi yang dilakukan di Swedia terungkap bahwa pria bertubuh kurus punya kecenderungan bunuh diri lebih besar dibanding pria yang tubuhnya lebih berisi.

Setelah menganalisa catatan medis 18.277 pria yang melakukan bunuh diri, para peneliti dari Swedia menemukan bahwa pria yang kurus justru 12 persen lebih banyak yang melakukan bunuh diri dibanding pria yang bobot tubuhnya rata-rata atau pria yang kegemukan.

Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Epidemiology ini selaras dengan hasil studi sebelumnya yang menemukan kaitan antara indeks massa tubuh dengan risiko bunuh diri.

Dr.Finn Rasmussen dari Karolinska Institute di Stockholm mengatakan belum diketahui alasan pasti dari kecenderungan bunuh diri pria kurus, namun ia menduga hal itu berkaitan dengan insulin yang memang berpengaruh pada hormon serotonin yang bisa memengaruhi mood seseorang.

"Keinginan bunuh diri meningkat seiring dengan naiknya sensitivitas insulin, termasuk juga dengan rendahnya nilai BMI," kata Rasmussen. Ia menambahkan, pria yang berat badannya kurus mungkin juga menderita akibat imej diri yang buruk karena fisik yang kecil sering dikaitkan dengan pria lemah.

source: kompas.com

3 Comments:

  1. knapa bisa begitu ya.. insulin yg bisa mempengaruhi mood seseorang.. heuum...

    udah FOLLOW gan.. ats nm WONG

    ReplyDelete
  2. alasan pasti dari kecenderungan bunuh diri pria kurus, namun ia menduga hal itu berkaitan dengan insulin yang memang berpengaruh pada hormon serotonin..
    hormon serotonin penting untuk mengatur marah/sensi, agresi (sikap ingin menyerang), temperatur tubuh, mood, tidur, seks, spritualitas, ...

    mungkin begono x... :-)

    ReplyDelete
  3. ya mungkin juga sih , soalnya pria kurus kan pasti selalu banyak pikiran

    ReplyDelete