Mengupas Manfaat Mentimun

Ketimun atau Mentimun yang bernama latin Cucumis Sativus ini merupakan buah kegemaran hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Ia selalu hadir dalam tiap masakan, seperti: gado-gado, rujak, salad, lapan, asinan hingga acar. Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga bisa menghilangkan haus dan dehidrasi seketika. Bagaimana dengan anda?


Ternyata bila ditelaah lebih jauh lagi, fungsi "buah yang dicuri kancil" dalam lagu anak-anak ini sangat banyak.
Mari kita kupas satu –persatu:

1.Perawatan Kulit Wajah
Pernah melihat perempuan yang menutupi matanya dengan irisan mentimun? Ya, mentimun mengandung asam askorbat dan asam kafeik yang dapat menurunkan tingkat retensi mata sehingga mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Kandungan vitamin A, B dan C yang tinggi serta berbagai mineral, seperti magnesium, kalium, mangan dan silika membuatnya penting untuk perawatan khususnya untuk mengencangkan kulit. Mentium juga bersifat diuretik, efek pendingin dan pembersihnya sangat bermanfaat bagi kulit.

2.Solusi Pencernaan
Maag, Gastritis, Asam Lambung, Tukak dan masalah pencernaan lain dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi jus mentimun. Kandungannya nilai mampu mengusir racun dari sistem pencernaan dan ampuh sebagai obat sembelit. Mentimun juga mengandung enzim Erepsin yang membantu pencernaan protein.

3.Sahabat Sendi, Rambut, Kuku, Gigi & Gusi
Mentimun mengandung Silika yang menjaga sendi dengan memperkuat jaringan ikat, menyuburkan rambut dan merawat keawetan kuku jari tangan dan kaki. Bila dicampur dengan jus wortel dapat mengurangi nyeri sendi, asam urat, encok dan rematik. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur yang berfungsi menetralisir asam dan basa dalam rongga mulut. Sedangkan jusnya efektif mengobati Pyorrhea.

4.Menjaga Tekanan Darah
Potasium, Magnesium dan Serat dalam mentimun akan membantu tekanan darah tetap stabil dan normal.

5.Pembasmi Cacing Pita & Fungsi Anti Inflamasi
Biji mentimun adalah obat alami pembasmi cacing pita di saluran usus dan anti inflamasi yang efektif mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

6.Solusi Diabetes & Ginjal
Kandungan mineral Mangannya sangat bermanfaat dalam sintesis insulin alami dalam tubuh penderita diabetes. Mentimun juga bermanfaat meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Sebagai diuretik alami terbaik, kandungan airnya memperlancar proses urinasi.

sumber

2 Comments:

  1. Buset banyak banget link Buildingnya gan? awas loh kena panda hehehee

    ReplyDelete
  2. gak tuh sob, asmih aman.. yang penting kan berbagi informasinya... :-)

    ReplyDelete