Berbagi Informasi itu Menyenangkan

Ketergantungan pada Ponsel Bikin Daya Ingat Menurun

Bahaya ponsel kerap menjadi perdebatan hangat dikalangan peneliti ataupun medis. Banyak studi yang mengatakan radiasi ponsel berbahaya bagi kesehatan. Disisi lain, tak sedikit pula studi yang menyimpulkan keberadaan ponsel tak berpengaruh signifikan terhadap kesehatan manusia.

Namun, hasil survei terbaru yang digagas CPP, konsultan asuransi di Inggris mengungkap jutaan jutaan penduduk Inggris dihinggapi penyakit pikun yang kemudian disebut 'Amnesia Numerik'. Peneliti menyimpulkan penyakit tersebut muncul karena masyarakat Inggris terlalu sering menggunakan ponsel untuk menyimpan nomor kontak ketimbang mengandalkan daya ingat otak.

Hasi riset mencatat 23 juta orang Inggris tidak tahu nomor ponsel pasangannya dan sebanyak 30 juta lainnya tidak dapat mengingat nomor ponsel sahabat mereka sendiri. Parahnya lagi, hampir 2/3 dari mereka juga mengatakan akan cemas bila kehilangan nomor di ponsel.

Sedangkan empat dari sepuluh orang khawatir kehilangan foto di ponsel dan sepertiga khawatir pesan singkatnya yang hilang. Meski begitu, banyak juga pengguna ponsel di negara tersebut yang mengaku masih ingat nomor telepon rumah dan sebanyak 60 persen juga masih mengingat nomor telepon orangtuanya.

Michael Lynch dari CPP mengatakan ketidakmampuan sebagian masyarakat untuk mengingat nomor orang terdekat kemungkinan bisa menyebabkan kondisi yang rumit dan menyedihkan jika ponsel mereka hilang atau dicuri. Pasalnya, mereka tidak tahu cara menghubungi seseorang untuk membantu. "Hal ini menunjukkan bahwa ponsel benar-benar telah menjadi ketergantungan seseorang," ujarnya seperti yang tertulis dalam rilis yang dipublikasi CPP, pertengahan pekan ini.

Ia menambahkan perkembangan teknologi yang semakin canggih justru membuat ingatan seseorang menurun. Sebagian individu, kata dia, semakin mengandalkan informasi yang tersimpan di ponsel maupun di dunia maya.

Lynch mengaku khawatir ketergantungan ini dapat menjadi masalah besar jika orang benar-benar bergantung pada ponsel. Layaknya keterampilan lain, lanjutnya, kebutuhan memori manusia seharusnya terus diasah agar segala ingatan tidak hilang.

Sebelumnya, riset ini menguji peserta dengan tes memori online yang dirancang untuk menilai kemampuan individu untuk mengingat urutan nomor. Dalam penelitian itu ditemukan juga, empat dari lima orang Inggris tidak dapat mengingat satu nomor pun setelah diberi waktu lima detik.
logoblog

1 comment:

  1. wah wah wah,, ngerasa juga ni kalo saya sendiri udah ketergantungan sama HP. Dulu,, sebelum punya HP saya bisa inget no telepon rumah,, keluarga terdekat,, orangtua,, nomor kakak,,

    setelah punya hp dan ngalamin ilang hape,, saya kelabakan sendiri pas butuh untuk nelpon mereka,, saya lupa nomornya. Parah-parah,, teknologi memang terkadang bikin manusia terlena dan tidak mengasah kemampuan yg sebenarnya merupakan potensi dasar manusia. hoho

    ReplyDelete