Waspada Gula dari Sayur dan Buah

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan gula, atau menderita penyakit diabetes mellitus (DM), pasti harus mengurangi makanan manis atau yang mengandung gula.

Hal itu untuk menjaga agar kadar gula darah dalam tubuh, tidak naik. Selain mengurangi gula, karbohidrat juga menjadi sumber makanan yang harus dihindari, karena menghasilkan gula.

Sayuran dan buah-buahan, menjadi bahan makanan yang disarankan bagi penderita DM karena mengandung gula yang tidak jahat. Kebanyakan orang mengonsumsinya dengan cara dijadikan minuman.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa sayuran dan buah, jika dijadikan jus, justru menghasilkan gula yang bisa jahat bagi tubuh?

Hal ini terutama bila buah dan sayuran yang Anda konsumsi, dijus dengan juicer yang hanya menghasilkan sari buahnya, tidak beserta ampasnya.

Padahal, ampas atau serat sayur dan buah itu lah yang sehat. Mengonsumsi sari sayur dan buah tanpa daging sayur dan buah atau ampasnya, hanya akan menambah gula secara percuma.

Untuk meminimalisasi asupan gula dari jus, maka proseslah sayur dan buah dengan cara diblender, jangan dengan cara juicer, atau hanya mendapatkan sari (airnya saja).

Cara yang paling tepat sebetulnya adalah dengan memakan begitu saja, sayur dan buah, sehingga Anda mendapat serat dan vitaminnya secara utuh.

Sumber: suarapembaruan

2 Comments:

  1. kalau mentah2 gk enag kawan :D
    info yang bagus kawan :D
    keep posting

    ReplyDelete
  2. Daris Firzan : ya dengan cara seperti itulah kita bisa merasakan manfaatnya.. gak jauh beda dengan minum jamu.. gak enak tapi menyehatkan :-)

    ReplyDelete